Monday 21 May 2012

Sepeda Motor C-1 yang Tetap Nyaman di Musim Hujan



Desain Sepeda motor umumnya lebih ramping daripada mobil sehingga dapat lebih lincah melaju di jalan yang lalulintasnya , disamping bahan bakarnya yang jauh lebih irit.
Sepeda motor juga ada sisi kurang enaknya bagi penumpangnya yang kepanasan, angin, kehujanan dan rodanya yang hanya dua mengakibatkan mudah terguling di jalan raya. Menjawab tantangan ini, Lit Motor, sebuah perusahaan otomotif yang berbasis di San Franscisco, AS, belum lama ini merilis konsep terbaru mengenai sepeda motor yang dijamin aman dan nyaman.
Seperti diberitakan Gizmag.com, sepeda motor konsep yang sementara baru diberi nama simpel C-1 ini memiliki kabin bagi pengendara dan pembonceng, ditenagai mesin listrik dan yang paling penting, stabil dan antijatuh! Fungsi ini tercapai berkat penggunaan sistem stabilisasi giroskop elektrik yang membuat sepeda motor ini bisa tetap tegak saat berhenti atau bahkan saat ditabrak dari samping.
BERGAYA -- Sepeda motor C-1 dari Lit Motor ini diklaim lebih aman dan nyaman dibandingkan sepeda motor konvensional.(gizmag.com)
Jika sepeda motor ini masuk jalur produksi tahun 2013, maka harganya akan mencapai US$24.000 atau sekitar Rp218 juta. Diproyeksikan, harganya bisa turun menjadi US$16.000 atau Rp145 juta jika produksinya sudah mencapai tahap massal di tahun 2014.Daniel Kim, desainer otomotif dan industri yang memimpin Lit Motor mengaku mendapat ide untuk pembuatan C-1 dari pengalamannya berkeliling dunia selama setahun dan mengamati kondisi transportasi di berbagai negara. Sepeda motor ini mengadopsi teknologi KERS atau Kinetic Energy Recovery System. Energi kinetik yang biasanya hilang saat proses pengereman akan dialihkan untuk memutar roda gila atau flywheels. Selain membantu stabilitas, roda-roda gila itu juga akan menyalurkan kembali tenaga untuk menggerakkan kendaraan sehingga tenaga dari baterai bisa dihemat.Sepeda motor ini juga dilengkapi koneksi internet sehingga pengendaranya bisa mendapatkan informasi kondisi lalu lintas atau ramalan cuaca serta bantuan navigasi.
Daniel Kim juga memroyeksikan bahwa C-1 akan dijual dalam model yang berbeda sesuai pasarnya. Untuk pasaran negara maju akan dilengkapi baterai berkekuatan 8-10 KwH, sementara untuk model negara berkembang baterianya berkekuatan 4-6 KwH. Kecepatan maksimalnya dirancang bisa mencapai 193 km/jam, dengan jarak jangkau maksimal 241 km hingga 354 km per sekali mengisi ulang baterai.
“Kami menciptakan sepeda motor yang aman dan efisien, yang selama ini belum pernah dibuat,” ujar Kim. “Kami berupaya memasarkan faktor keselamatan bagi ratusan juta pengendara motor harian di dunia dan kami yakin dampaknya akan luar biasa,” tegasnya.

No comments:

Post a Comment