Monday 3 December 2012

Desain Dinamis Sepeda Motor Yamaha Vixion


Setiap awal tahun baru selalu diramaikan  adanya desain motor motor baru menyesuaikan keinginan konsumen dan menggairahkan ekonomi perdagangan nasional.  
PAMOR sepeda motor sport di tanah air, tampaknya tahun ini akan kian bersinar. Setelah meraih peningkatan pangsa pasar dari 8 persen, menjadi 12,5 persen dari total penjualan sepeda motor nasional semester pertama 2012. Kini, segmen motor sport akan semakin ramai dengan kehadiran varian terbaru. 

Seperti diungkapkan Dyonisius Beti, Executive Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). "Benar kami tengah mempersiapkan Vixion terbaru, rencananya kuartal empat akan kami luncurkan," jelasnya usai peluncuran Yamaha Jupiter Z1, Selasa (10/7) kemarin. 

Kehadiran Vixion anyar di kuartal ke empat 2012 ternyata akan sama dengan rencana PT Astra Honda Motor (AHM) yang akan meluncurkan sepeda motor sport 150 cc. 

Waktu yang hampir sama peluncuran motor sport anyar dari kedua pabrikan tidak lepas dari usaha Yamaha untuk tetap mempertahankan raja di kelas motor sport. Sementara Honda terus berupaya untuk mengkikis pangsa pasar Yamaha di segmen motor sport. 

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Yamaha mampu mendongkrak penjualan hingga 36,41 persen. Yamaha dapat melego sekitar 217 ribuan unit pada semester pertama 2012. Torehan Yamaha pada semester pertama 2012, tak terlepas dari andil tulang punggung di segmen sport, yakni Yamaha Vixion. 

Selain Vixion, Yamaha memiliki dua jenis motor andalan lainnya, yaitu Byson dan Scorpio Z. Jika Vixion menempati posisi puncak volume penjualan semester pertama 2012, Byson menempati posisi ketiga, yakni dengan pangsa pasar sekitar 16,12 persen. 

Rival utama Yamaha di segmen motor sport adalah Honda. Pada semester pertama 2012, Honda menorehkan catatan kurang gemilang. Volume penjualannya anjlok sekitar 35,43 persen menjadi sekitar 83 ribuan unit. 
dari : mediaindonesia.com


No comments:

Post a Comment