Saturday 21 July 2012

Motor Berusia 105 Tahun Dihargai Rp 700 Juta Lebih

img


Las Vegas - Motor antik memang makin tua makin jadi. Lihat saja motor berusia 105 tahun ini. Meski sudah 40 tahun tidak dipakai, harganya mampu menembus angka 50.000 pounds atau sekitar Rp 711,8 jutaan.
Motor ini adalah motor Indian Camelback buatan tahun 1906 yang bisa dibilang merupakan salah satu motor roda dua bermesin. Rencananya tanggal 12 Januari nanti motor ini akan dilelang di Las Vegas dengan perkiraan harga mencapai Rp 711,8 jutaan.
Selain umurnya yang sudah sepuh ini, keistimewaan motor tersebut adalah kenyataan bahwa ketika masa hidupnya hanya ada 1.698 motor Indian Camelback yang dilahirkan.


Mesin single silinder yang bertengger di tubuhnya hanya memiliki kekuatan 2,25 tenaga kuda dengan kecepatan puncak hanya 48 km/jam yang bisa dicapai.


Tapi, karena sistem pengereman yang belum sempurna, maka perlu menurunkan kaki untuk membuatnya berhenti ketika berjalan.


Motor ini sebelumnya dimiliki oleh keluarga du Pont yang membeli 'Indian Motorcycle Manufacturing Company', perusahaan yang memproduksi motor tersebut. Dan periode tahun 70an adalah terakhir kalinya motor ini digunakan berjalan-jalan.


Dahulu, merek motor Indian adalah rival besar merek motor Harley-Davidson. Sayang ketika tahun 1953 merek motor ini bangkrut.


"Indian adalah saingan besar Harley-Davidson dan berada di garis depan sepeda motor ketika mereka berevolusi dari sepeda," ujar Ben Walker dari balai lelang Bonhams seperti detikOto kutip dari Daily Mail, Rabu (28/12/2011).


"Ini adalah hal yang sangat langka dan berasal dari keluarga du Pont yang memiliki perusahaan. Pedal sepeda membantu dan motor ini masih memiliki nomor registrasi asli pada spatbor belakang," tandasnya.
Sumber :oto.detik.com

No comments:

Post a Comment